Custom Search
Link

Tuesday, March 23, 2021

DZIKIR YANG JADI AZAB (bag.12)

JH Alifulhaq Terapi Alif

Sebelum lanjut perlu saya tegaskan bahwa bersyukur seperti yang saya singgung pada tulisan sebelumnya bukan hanya mengucapkan syukur kepada Allah Ta'ala, banyak sekali bentuk syukur ini,  tetapi saya tidak membahas dalam topik ini karena agak panjang. 
Pada tulisan sebelumnya saya minta anda mempelajari ayat 153 surah Al Baqarah. 
Ayat ini berkaitan erat dengan ayat sebelumnya terutama ayat 152 yang saya bahas dalam tulisan sebelum ini. 
Dalam ayat 153 tadi Allah Ta'ala memerintahkan orang2 yang beriman meminta kepadaNya dengan sabar dan shalat. Kemudian ditegaskan bahwa Allah bersama orang2 yang sabar. 
Kalau kita renungkan dan coba menghayati seperti apa suasana diri kita saat mengamalkan dua ayat ini. 
Makna kata Rabb sudah larut dalam hati, jiwa, pikiran dan perasaan dan pada saat yang sama kita ingat Rabb kita dan saat yang sama juga dia ingat kita dan hal ini terjadi ketika kita shalat penuh kesabaran.
Saat itulah kita diperintah untuk minta kepadaNya apa yang ingin kita minta. 
Kalau terus dalam keadaan sabar maka Dia juga tetap bersama kita tentu Dia setia menolong kita dalam menghadapi berbagai persoalan. Tetapi kuncinya harus sabar. 
Tetapi meminta dengan sabar dan shalat ini diakui oleh Allah Ta'ala sebagai sesuatu yang berat dan susah dilakukan kecuali bagi orang2 yang khusu'. Hal dijelaskan oleh Allah Ta'ala dalam ayat 45 surah Al Baqarah. 
Seperti apakah orang2 yang khusu' insyaAllah saya akan bahas pada tulisan berikutnya. 

No comments:

 
Free Blog CounterEnglish German Translation