Custom Search
Link

Monday, June 14, 2021

MENYINGKAP TABIR DAN MISTERI DENGAN ILMU 1

JH Alifulhaq Terapi Alif

Ada keyakinan yang kuat dalam diri saya bahwa siapapun yang tertarik untuk mempelajari dan merenungkan secara sungguh2 tulisan2 saya baik di buku2 saya, blog saya atau tulisan2 saya di medsos, tidak lain adalah mereka yang digerakkan oleh Allah Ta'ala menuju pemahaman ilmu disisiNya. 
Saya tahu juga ada mereka yang merasa pusing ketika membaca buku saya, padahal belum sampai pada tahap mempelajari. Ada juga yang tidak tertarik sama sekali membaca tulisan2 saya. Menurut saya mereka2 yang seperti itu tidak dikehendaki oleh Allah Ta'ala memasuki khazanah ilmu yang telah saya buka lebar2.
Kembali ke topik pembahasan tulisan ini seperti judul diatas, dimana peranan ilmu untuk menyingkap tabir dan misteri. 
Bagi teman2 yang sudah mempelajari tiga buku saya tentu sudah paham atas apa yang hendak saya bahas dalam tulisan ini karena sebahagian dari topik tersebut sudah saya bahas dalam tiga buku saya. 
Berulangkali saya jelaskan bahwa untuk memahami sejumlah ayat Al Quran tidak cukup dengan ilmu tatabahasa Al Quran, tetapi harus dengan ilmu2 lainnya. 
Contoh yang sering saya bahas adalah ayat 115 surah Al Baqarah. Pada ayat tersebut Allah Ta'ala menegaskan, KEMANAPUN KAMU MENGHADAP DISITULAH WAJAH ALLAH. 
Allah Ta'ala adalah satu, bagaimana kita memahami bila semua manusia di muka bumi ini pada saat yang sama menghadap ke segala penjuru dan pada saat sama pula wajah Allah Ta'ala ada dihadapan masing2 manusia yang ada di muka bumi. 
Saya harap tulisan berseri ini merupakan pendalaman apa yang pernah saya tulis sebelumnya, baik dalam tiga buku saya maupun tempat lainnya. 

No comments:

 
Free Blog CounterEnglish German Translation