Custom Search
Link

Friday, March 05, 2021

DZIKIR YANG JADI AZAB (bag.3)

JH Alifulhaq Terapi Alif

Dzikir adalah mengingat Allah. Bagaimanakah cara mengingat Allah apakah seperti mengingat orang2 yang kita cintai, orang2 yang kita sayang atau orang2 yang kita hormati. Mereka itu adalah orang2 yang sudah sangat kita kenal segala seluk-beluknya dan sangat dekat dengan kita sehingga sangat gampang menghadirkan dalam ingatan kita. Mudah menghadirkan dalam perasaan kita, hati kita, pikiran kita dan jiwa kita. 
Lantas bagaimana cara mengingat Allah yang tidak pernah kita lihat dan tidak pernah kita dengar suaranya. Bagaimana menghadirkan Allah dalam ingatan kita, dalam hati kita, perasaan kita pikiran kita dan jiwa kita. 
Hal yang sangat mendasar sebelum melakukan ibadah dzikir adalah mengenal Allah Ta'ala secara benar. Salah kenal maka akan sangat fatal akibatnya bagi kita. 
Siapakah Allah yang hendak kita ingat. 
Allah Ta'ala membeberkan begitu banyak informasi dan penjelasan tentang dirinya dalam Al Quran. 
Setelah kita memburu segala informasi dan penjelasan tentang diri Allah dalam Al Quran, apakah kita sudah mengenal Dia. 
Kalau sudah kenal seharusnya akan mudah menghadirkan Dia dalam hati kita, perasaan kita, pikiran kita dan jiwa kita. 
Kalau tidak bisa menghadirkan secara benar, berarti ada yang salah. Kalau tidak merasa dekat denganNya ketika mengingatNya, berarti ada yang salah karena Allah sendiri menegaskan bahwa Dia sangat dekat dengan hamba2nya, sanking dekatnya, Dia lebih dekat ke hambaNya dibandingkan dengan urat leher hamba itu sendiri. 
Lalu dimana letak kesalahan kalau tidak merasa dekat denganNya ketika mengingatNya.

insyaAllah akan disambung.

No comments:

 
Free Blog CounterEnglish German Translation